Sumba merupakan salah satu daerah yang sangat populer dan sangat terkenal di Indonesia. Sumba adalah sebuah pulau di provinsi Nusa Tenggara Timur yang menawarkan situs alam dan budaya yang unik di wilayahnya. Berkat budayanya yang khas dan bentang alamnya yang tak tertandingi, turis asing berduyun-duyun untuk melihat dan merasakannya secara langsung. Mengesampingkan kedua faktor tersebut, ternyata kuliner khas Sumba tidak pernah mengecewakan.

Ya!Ternyata Sumba punya makanan khas tersendiri yang selalu cocok untuk semua orang. Wisatawan mancanegara maupun lokal selalu mengingat dan membayangkan cita rasa yang nikmat, yang tidak mudah ditemukan di restoran manapun selain kampung halaman mereka. Sumba memang pantas disebut sebagai salah satu pulau di Indonesia yang memiliki kuliner paling nikmat dan paling digandrungi banyak orang. Beberapa rasa khas Sumba menggunakan bahan alami untuk isiannya.

Ketika Anda mendengar tentang bahan utama yang digunakan, Anda mungkin akan terkejut.Karena bahan-bahan alami seperti yang terdapat di Sumba terkesan tidak biasa untuk digunakan dalam makanan. Namun, begitu Anda mengetahui rasa yang ditawarkan, akan sulit untuk menolak makanan ini. Kalau soal masakan atau kuliner Sumba, sebaiknya perhatikan rating kita sampai habis.

Karena pada kesempatan kali ini, sesuai judul yang disematkan di atas, kami lebih banyak bercerita tentang kuliner khas Sumba yang wajib anda coba. Lantas apa saja kuliner Sumba yang paling enak?Yuk baca artikelnya sampai selesai!

Set sajian kuliner khas Sumba yang tidak boleh Anda lewatkan!

Tak heran jika wisatawan mancanegara maupun lokal selalu datang mencari kuliner lezat khas daerah Indonesia saat mereka berkunjung. Sumba termasuk. Sumba tidak hanya menawarkan pemandangan dan pemandangan alam yang indah, tetapi juga kuliner lezat yang berlimpah.

Dengan cita rasa otentik dan ekspresif yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, kami jamin Anda akan menyukainya dan akan segera memasukkannya ke dalam kuliner Anda. Berikut adalah beberapa kuliner Sumba yang lezat dan otentik yang wajib dicoba:

1. Rumpu Ramp

Masakan Sumba yang lezat dan otentik adalah tentang rumpu ramp. Mendengar nama itu istimewa, bukan? Keunikannya juga sama dengan bahan utama yang digunakan.Rumpu Rampu merupakan sajian kuliner khas Sumba yang terbuat dari bunga pepaya, daun pepaya, daun singkong dan jantung pisang. Semua bahan utama ini dinetralkan dengan air garam hingga setengah jam. Biasanya suku asli Sumba menambahkan sirih ke dalam jeruk nipis untuk menghilangkan rasa pahit dari bahan utamanya.

Selanjutnya, Rampu Rumpu digoreng dengan bawang putih, bawang merah, cabai dan bumbu lainnya. Untuk menambah kelembutan dan rasa, rumpu rampe selalu ditambah dengan ikan teri atau udang asing tanpa tulang.

2. Kaparak

Setelah rumpu rampe, kaparak adalah makanan khas Sumba yang tidak boleh dilewatkan. Kaparak adalah tepung jagung yang diolah dengan gula dan serpihan kelapa. Semua bahan dicampur menjadi satu lalu dimasak dalam wajan yang sangat panas tanpa menggunakan minyak apapun.

Masyarakat adat Sumba biasanya menyiapkan kaparak untuk sarapan atau sebagai kudapan bersama kopi dan teh.Ternyata sajian kuliner khas Sumba ini tidak hanya enak, tetapi juga mengandung lemak nabati, protein, dan karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Jangan heran jika mengkonsumsi Caparaca masih mengisi ulang sedikit.

3. Manggulu

Nah, bagi anda yang menyukai makanan manis, kami sarankan untuk mencoba Manggulu yang satu ini. Manggulu merupakan kue tradisional Sumba yang sangat populer dan terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.Manggulu masih digunakan sebagai oleh-oleh bagi mereka yang berkunjung ke Sumba.

Manggulu adalah kue yang terbuat dari campuran kacang tanah, pisang, dan gula merah. Proses pembuatan manggulu unik karena memakan banyak waktu. Sepintas, Mangul terlihat seperti angin puyuh Jawa Barat yang diselimuti dedaunan. Namun, masakan asli Sumba ini rasanya tidak ada duanya.