Indonesia adalah negara ekuator. Betapa kekayaan alam dan budaya di Indonesia yang tidak dapat ditandingi oleh siapa pun. Karena kekayaan alam yang berkembang, hal ini juga berpengaruh pada gastronomi. Seolah masakan Indonesia selalu menawarkan cita rasa berbeda yang berhasil menaklukkan lidah banyak orang. Begitu juga dengan kuliner khas Riau.Provinsi Sumatera tidak hanya terkenal dengan keindahan dan destinasi wisatanya yang tak tertandingi, tetapi juga menawarkan kuliner lezat yang membuat para pelancong terpikat.

Rasa otentik masakan khas Riau merupakan salah satu bukti keberagaman Indonesia. Masakan Riau, atau masakan khas, dipercaya menggunakan resep turun-temurun. Mulai dari bahan yang digunakan hingga cara pembuatannya. Tak heran jika masakan Riau selalu mampu “menghipnotis” penikmatnya.Cita rasa masakan Riau juga tergolong tradisional. Siapapun yang berkunjung ke Riau pasti tahu beberapa kuliner khas Riau yang sayang untuk dilewatkan. Buatlah minimal satu daftar kuliner agar tidak ada satu pun masakan Riau yang tidak sempat Anda coba.

Dan pada kesempatan kali ini kami bercerita tentang kuliner terbaik dan terlezat di Riau. Apa kuliner khas Riau yang ingin kamu coba?Kali ini yuk simak review kami sampai habis agar kamu bisa mencicipi kuliner khas Riau yang akan selalu membuat traveler kangen dengan destinasi yang hanya ada di provinsi ini!

Koleksi Penting Hidangan Lezat Khas Riau

Tak hanya adat dan budaya Riau yang masih hidup, kelezatan kulinernya juga masih “terbangun”. Artinya bahan-bahan cara memasaknya masih diolah dengan cara tradisional. Tak heran jika masakan Riau masih menggunakan resep turun temurun dari nenek moyangnya. Ia selalu berusaha memaksimalkan resep yang enak dan tidak mengubah rasa.

Maka tak heran jika makanan Riau masih membuat ketagihan banyak orang. Bahkan, sangat sulit menemukan makanan khas Riau yang asli di kota besar lainnya. Berikut beberapa makanan khas Riau yang wajib dicoba:

Kari Ikan Patin

Hidangan khas Riau ini utamanya gulai lele. Gulai lele merupakan masakan khas Riau yang sangat digemari oleh wisatawan mancanegara yaitu wisatawan mancanegara. Untuk apa?Kuliner gulai lele ini menawarkan kuah kari yang gurih pedas dan sedikit asam. Uniknya, gulai lele ini menggunakan bahan utama lele yang dipotong-potong besar.

Satu porsi gulai lele bisa dimakan lebih dari 2 orang. Seolah itu belum cukup, daun ubi jalar yang dimasak merupakan tambahan yang sangat diperlukan untuk kari lele. Kecambah daun singkong yang dimasak memiliki rasa yang ringan sehingga sangat cocok disantap dengan gulai lele.Bahkan, rasanya akan nikmat jika Anda mencicipinya bersama keluarga!

Semur Belacan

Tak hanya semur lele, makanan khas Riau lainnya yang wajib Anda coba adalah semur Belacan. Rebusan Belacan adalah semur yang bahan utamanya adalah udang. Kuah santannya memiliki cita rasa unik yang tidak akan Anda temukan di kota besar lainnya. Gulai Belacan, terbuat dari campuran merica, hazelnut, dan asam jawa.

Secara umum gulai Belacan masih menjadi makanan pokok masyarakat pesisir Riau. Tapi kemudian gulai Belacan menjadi satu set masakan khas Riau yang tak tertandingi.

Slime Noodles

Mendengar namanya, pasti yang terpikirkan adalah makanan olahan ini kan? Namun terlepas dari itu, kamu harus tahu bahwa slime pasta merupakan makanan khas Riau yang wajib kamu coba.Mie Slime, biasanya dibuat dengan topping mie telur, cabe rawit, tauge, dan aneka seafood

Berbeda dengan olahan pasta lainnya yang menggunakan kaldu hewani, mie slime mengandung kacang tanah sebagai bahan utamanya. Bumbu kacang yang agak kental menyerupai slime menjadi sajian kuliner terbaik yang wajib Anda coba. Kelezatan khas Riau ini sangat nikmat jika disantap panas-panas.